tabber

Learning Blogger akan memberi ilmu tentang tips dan trik blogger , tutorial blogger dan template SEO
Home » » Seni, Strategi Baru Dakwah Kaum Sarungan

Seni, Strategi Baru Dakwah Kaum Sarungan

Written By kaconk on Selasa, 10 September 2013 | 18.50

Sumenep-SantriNews.com. Santri tidak lagi identik dengan kaum sarungan. Santri tidak sekadar ngaji kitab kuning dan mimpin tahlil semata. Tapi santri sudah dapat merambah berbagai dimensi masyarakat dalam melakukan dakwah.
Minggu (8/9) sekitar seratus-an santri dari berbagai komunitas seni pesantren berkumpul di Asta Apae, di dusun Antaka, Cabbiya, Talango. Mereka yang tergabung dalam paguyuban Masyarakat Seni Pesantren (MSP) berkumpul dalam rangka acara rutin “Ahab Kalebunan.”
Dalam acara rutin inilah, para santri mengekpresikan ide dan gagasan dakwah mereka melalui seni. Turmidzi Jaka, ketua MSP, menuturkan bahwa paguyuban yang dipimpinnya dimaksudkan untuk menemukan impuls kesenian yang intens. “dengan membiarkan setiap komunitas mengekpresi diri, lalu mengolah gagasan tersebut ke dalam bentuk kesenian, akan memungkin munculnya gairah seni anak muda, “ tuturnya.
MSP mulanya tumbuh bersama Lesbumi. Tapi pada perkembangannya, MSP lebih memilih mandiri. Pilihan untuk mandiri disebabkan oleh keinginan untuk bersentuhan langsung dengan masyarakat. Mahendra, salah satu pegiat MSP menegaskan perlunya sikap independen dalam melakukan dakwah ke masyarakat. “Kaum santri seharusnya dapat bersikap independen. Tujuannya agar santri tetap menjadi panutan masyarakat.” tandasnya.
Lebih jauh, alumni pondok pesantren Mathali’ul Anwar dan UIN sunan Kalijaga ini berharap, para lulusan pesantren hendaknya memiliki strategi baru dalam berdakwah. “Sekarang masyarakat tidak hanya butuh pemecahan hukum agama. Tapi mereka juga butuh hal-hal lain. untuk itulah, MSP mencoba hadir, “ imbuhnya. (SW)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

10 Agustus 2019 pukul 18.39

https://santrinews.com/Daerah/645/Seni-Strategi-Baru-Dakwah-Kaum-Sarungan

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NGATORRAGI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger